Skip to content

Day 3 of 30-Days Challenge to Finish My Thesis

Jadi, prokrastinasi datang lagi, kawan. Rencana ke perpustakaan batal karena teman yang memberi kabar bahwa dia tidak bisa meet-up. Saya pun mengurungkan niat ke perpustakaan sendiri karena mengira akan tetap bisa belajar di rumah dan juga kangen dengan anabul.

Sampai rumah, saya memutuskan untuk tidur sebentar (karena sebelumnya kurang tidur). Begitu bangun dan dilanjut makan, saya malah menonton One-Piece bareng adik sampai 4 jam lamanya.

Awalnya saya mulai merasa bersalah lagi, tapi jika tetap saya lanjutkan untuk terus menyalahkan diri, saya akan masuk ke negative-mode yang berujung tesis terabaikan lagi.

Huh.. saya hanya bisa menghela nafas. Tidak ingin berada dalam negative-mode, tapi saya juga tidak mau terlena dengan toxic-positivity. Cukup mengakui dan menerimanya.

Saya tidak mau berhenti berlari lagi, jadi akan saya anggap waktu yang terbuang tadi adalah cara untuk beristirahat sebentar. Dengan sisa waktu yang ada, saya me-review 2 jurnal.

Saya berterima kasih dengan adanya challenge ini, mendorong saya untuk mengerjakan tesis walau hanya sebentar. Saya juga ingin berterima kasih pada diri sendiri yang berusaha untuk tidak terpuruk dan lanjut berlari lagi. Terima kasih ya Fir 🙂

Akhir kata, semoga hari esok bisa jadi lebih baik lagi, Aamiin.

 

Rekap hari ini:

  • Durasi waktu belajar: 1 jam
  • Hal yang dikerjakan: Me-review 2 jurnal
  • Fenomena yang dialami: Membuang waktu dengan menonton anime
  • Perasaan yang muncul: Merasa bersalah sebentar (-), Menerima kesalahan (+)
  • Tingkat keselesaian: 37/100